Kenali Apa Itu Olahraga Kardio Yang Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

  • Whatsapp
apa itu olahraga kardio

Olahraga kardio menjadi tren dan salah satu jenis olahraga yang saat ini memiliki banyak peminat. Disamping tidak memerlukan alat yang banyak, olahraga ini hanya memerlukan waktu yang sedikit. Oleh karena itu, olahraga ini dapat dilakukan oleh siapapun. Berikut beberapa hal mengenai apa itu olahraga kardio.

Definisi Olahraga Kardio

Apa itu olahraga kardio? Olahraga kardio atau kardiovaskular ini berfokus pada kesehatan jantung dan paru. Olahraga ini termasuk dalam jenis olahraga aerobik. Aerobik adalah jenis olahraga yang membutuhkan oksigen ketika melakukannya. Dengan adanya oksigen, energi dapat dihasilkan melalui pembakaran oksigen tersebut.

Adapun beberapa contoh olahraga aerobik yaitu treadmill, basket, bersepeda, renang, dan masih banyak lagi. Olahraga kardio ini juga dapat dirasakan manfaatnya hanya dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang. Umumnya hanya dibutuhkan minimal 30 menit.

Intensitas Olahraga Kardio

Untuk melakukan olahraga kardio, ada beberapa jenis intensitasnya. Intensitas olahraga kardio ada yang ringan, sedang maupun berat. Intensitas dari olahraga kardio dilihat dari berapa persen denyut jantung yang dihasilkan selama melakukannya.

Kemudian prosentase denyut jantung yang dihasilkan akan dihitung terhadap denyut jantung maksimal masing-masing orang. Setiap orang memiliki denyut jantung maksimal yang berbeda tergantung usianya. Cara mengetahuinya adalah mengurangkan angka 220 dengan usia.

Pada intensitas ringan, denyut jantung yang diperoleh adalah sekitar 40-50% dari nilai maksimal denyut jantung seseorang. Pada intensitas sedang, akan menghasilkan 50-70% dari denyut jantung maksimal. Sedangkan pada olahraga kardio dengan intensitas berat, akan menghasilkan sekitar 70-80% denyut jantung maksimal.

Olahraga kardio dengan intensitas rendah dikenal dengan sebutan LISS. Sedangkan untuk yang intensitasnya tinggi disebut HIIT. Masing-masing dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Karena masing-masing memiliki kelebihan, kekurangan, dan manfaat yang berbeda.

Manfaat Olahraga Kardio

Untuk mengenal lebih dalam apa itu olahraga kardio, tentu perlu untuk mengetahui manfaat yang dihasilkan. Manfaat utama dari olahraga kardio adalah untuk meningkatkan kerja jantung dan sistem kardiovaskular lainnya. Adapun manfaat yang didapat ketika melakukan olahraga kardio secara rutin, yaitu dapat membakar banyak kalori dan membantu dalam menurunkan berat badan.

Selain menurunkan berat badan, olahraga kardio dikenal dapat meningkatkan kerja otak. Hal itu dikarenakan meningkatnya suplai oksigen yang dihantarkan oleh darah ke otak. Oleh karena itu, otak dapat bekerja lebih baik dengan rutin melakukan olahraga kardio.

Dengan rutin melakukan olahraga kardio, sirkulasi darah dalam tubuh juga menjadi lebih lancar, dan itu dapat menyehatkan organ-organ dalam tubuh. Selain berguna untuk jantung, paru, dan otak, olahraga kardio dapat membuat kulit terlihat lebih sehat. Dengan sirkulasi darah yang lancar dan kaya oksigen, sel-sel kulit mati akan mudah terangkat dari kulit sehingga kulit menjadi sehat.

Beberapa Contoh Olahraga Kardio

Ada banyak jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya sangat mudah dilakukan, bahkan tidak memerlukan alat khusus. Berikut contoh olahraga kardio yang dapat dilakukan:

Zumba dance

Zumba dance menjadi salah satu olahraga kardio yang difavoritkan banyak orang. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa, tertarik untuk melakukan zumba dance. Hal itu dikarenakan selain membantu dalam membakar kalori, zumba dance juga membantu menghilangkan stres. Zumba dance adalah tarian yang dikombinasikan dengan beberapa gerakan fitness dan dansa.

Jogging atau jalan cepat

Olahraga kardio yang paling umum dilakukan adalah jogging dan jalan cepat. Olahraga ini termasuk dalam olahraga kardio karena dapat memicu kerja jantung. Jogging dan jalan cepat termasuk dalam olahraga kardio dengan intensitas rendah. Sehingga diperlukan konsistensi dan waktu yang lebih panjang untuk dapat merasakan manfaatnya.

Lompat tali

Contoh olahraga kardio selanjutnya adalah lompat tali. Lompat tali termasuk jenis olahraga yang mudah dilakukan. Olahraga ini juga menjadi salah satu cara yang sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Karena dalam waktu 1 jam, lompat tali dapat membakar kalori sampai dengan 1000 kalori. Selain itu, lompat tali dapat mengencangkan otot kaki, perut dan lengan.

Beberapa gerakan seperti arm circle, knee skip, squat dan lain-lain

Ada sangat banyak gerakan kardio yang dapat dilakukan di rumah. Beberapa diantaranya adalah arm circle, knee skip dan squat. Cara melakukan arm circle adalah dengan merentangkan tangan, kemudian memutarnya ke arah belakang.

Knee skip adalah gerakan seperti lari di tempat, sambil mengangkat paha dan lutut setinggi mungkin. Gerakan ini dapat memperkuat oto paha dan betis. Selain itu, squat juga merupakan salah satu gerakan latihan kardio. Ada beragam jenis dari squat, beberapa diantaranya bermanfaat untuk mengencangkan otot bokong.

Masih ada banyak lagi jenis gerakan kardio yang dapat dilakukan dengan mudah. Seperti plank, mountain climber twist, jumping lunges dan masih banyak lagi. masing-masing memberikan manfaat yang berbeda. Latihan tersebut dapat dimulai dengan melakukan 1 gerakan selama minimal 1 menit, kemudian berikan jeda selama 30 detik, dan seterusnya.

Itulah hal-hal yang dapat dijadikan tambahan wawasan dalam mengenal apa itu olahraga kardio. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa kemampuan dan daya tahan setiap orang berbeda. Karena itulah, akan lebih baik untuk tetap memperhatikan aturan dan mencari jenis olahraga yang paling sesuai dengan kondisi tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan