5 Cara Mempercepat Jaringan Wifi Yang Sangat Ampuh

  • Whatsapp
cara mempercepat jaringan wifi

Bagi para pengguna wifi, jaringan wifi yang lemot menjadi masalah tersendiri. Terlebih bagi yang mempunyai pekerjaan yang bergantung pada jaringan wifi. Jaringan wifi yang tersendat, tentunya akan membuat pekerjaan pun tersendat juga. Namun sekarang tidak usah khawatir lagi, karena ada cara mempercepat jaringan wifi yang bisa dilakukan, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Tempatkan Posisi Router Dengan Tepat

Cara mempercepat jaringan wifi yang pertama adalah menempatkan posisi router yang tepat. Karena posisi router sendiri bisa mempengaruhi jaringan dari internet itu sendiri. Penempatan router di sudut rumah mempunyai pengaruh buruk pada jaringan internet. Selain itu jangkauannya pun tidak bisa menjangkau bagian rumah yang lainnya.

Penempatan router yang paling ideal adalah pada bagian tengah rumah, serta di tempat yang terbuka. Selain itu jauh dari perangkat elektronik lainnya dan mempunyai jarak pandang yang maksimal. Banyaknya pintu, dinding serta penghalang lainnya yang berada pada posisi router maka akan semakin terganggu pula sinyal router itu sendiri.

2. Ubah Posisi Antena Router

Selain posisi dari router, posisi antena router pun bisa mempengaruhi jaringan internet. Router sendiri hadir dengan dua jenis antena yang berbeda yakni antena internal dan eksternal. Jika router yang ada di rumah mempunyai dua antena eksternal cobalah untuk mengubah posisi antena keduanya. Hadapkan antena yang satu dengan posisi vertikal, sedangkan posisi antena yang selanjutnya adalah dengan posisi horizontal.

Posisi dua antena yang diarahkan secara tegak lurus membuat penerimaan nirkabel akan maksimal. Sedangkan jika router mempunyai satu antena maka harus melakukan beberapa percobaan agar jaringan internet cepat. Yakni dengan cara mencoba posisi internet ke arah horizontal dan vertikal untuk melihat posisi mana yang terbaik.

3. Setup Wireless Security

Selain ke dua cara di atas, setup wireles security bisa menjadi salah satu cara untuk mempercepat jaringan wifi. Karena jika wifi tidak menggunakan cara ini dapat merugikan anggota rumah atau kantor. Karena hal tersebut bisa mengganggu jaringan dari wifi itu sendiri.

Cara untuk mensetup wireless security agar jaringan wifi cepat pun sangat mudah sekali. Yakni dengan cara masuk ke halaman admin terlebih dahulu dengan alamat IP router yang ada pada web browser. Setelah itu gunakan default username serta password untuk login. Pada biasanya letak untuk default username serta password berada pada bagian bawah router. Pilihlah WPA2 sebagai metode enkripsi serta tentukan password yang akan digunakan dengan password yang mudah diingat.

Gunakan password tersebut pada orang-orang tertentu saja agar jaringan wifi bisa cepat dan berjalan lancar. Dengan begitu aktivitas di jejaring internet pun bisa berjalan dengan lancar tanpa gangguan apapun.

4. Mengupgrade Router

Apabila sudah terlanjur membayar mahal untuk jaringan wifi namun hasilnya tidak memuaskan, mungkin perangkat keras menjadi salah satu penyebabnya jaringan internet tidak lancar. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengupgrade router itu sendiri.

Cara yang paling mudah untuk menentukan apakah router tersebut masih layak pakai atau mesti diganti bisa dilihat dari nomor model dan spesifikasinya. Bandingkanlah spesifikasi router dengan paket internet dari ISP yang ada apakah masih sesuai atau tidak.

5. Gunakan Software Heatmapping

Dan cara mempercepat jaringan wifi yang terakhir adalah menggunakan software heatmapping. Para pengguna software tersebut bisa melihat seperti apa panas nirkabel yang ada di dalam rumah. Selain itu bisa juga melihat jenis cakupan apa yang berada pada seluruh ruangan. Dengan beberapa informasi tersebut, maka router serta antena bisa dirubah dengan posisi yang bisa menghasilkan jaringan yang cepat.

Itulah cara mempercepat jaringan wifi yang bisa dilakukan. Dengan melakukan salah satu dari kelima cara yang di atas, masalah jaringan wifi yang lelet pun akan segera teratasi.

Pos terkait