Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah

  • Whatsapp
cara mengatasi laptop lemot

Saat ini banyak pekerjaan yang harus diselesaikan melalui laptop. Dari mulai pekerjaan kantor, tugas kuliah, tugas sekolah, skripsi, makalah dan yang lainnya. Oleh karena itu jika laptop lemot tentu akan sangat mengganggu dan menjadi kendala yang harus dengan segera diatasi. Untuk mengatasi laptop yang lemot berikut ada beberapa cara mengatasi laptop lemot dengan mudah.

1. Menggunakan Antivirus

Salah satu penyebab laptop menjadi lemot yaitu adanya virus pada laptop. Untuk itu cara mengatasi laptop lemot yang pertama dengan menggunakan antivirus. Aplikasi antivirus bisa didownload sendiri pada laptop. Adanya virus memang sudah terbukti menjadikan laptop lemot. Dengan adanya aplikasi antivirus maka ketika laptop terkena virus akan terdeteksi.

Jika laptop sudah mempunyai aplikasi antivirus maka harus selalu diupdate agar aplikasi ini tetap berfungsi dengan baik. Jika laptop sudah terdapat aplikasi antivirus yang selalu update maka laptop lemot bisa diatasi. Bukan hanya itu, laptop juga akan terhindar dari virus berbahaya lainnya yang dapat menimbulkan efek negatif pada laptop.

2.  Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Penggunaan aplikasi harus disesuaikan agar laptop tidak menjadi lemot. Dengan adanya penggunaan aplikasi secara berlebihan maka akan membuat pemaksaan kinerja RAM. Misalnya, ketika menggunakan laptop dengan akses internet, kemudian sambil menyalakan musik dan membuka aplikasi lainnya. Hal tersebut ternyata dapat membuat laptop lemot.

Jika aplikasi digunakan dengan disesuaikan spesifikasi yang dimiliki laptop tersebut maka laptop lemot tidak akan terjadi. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menggunakan aplikasi secara berlebih terutama menggunakan aplikasi lain yang dibarengi dengan game.

3. Tambahkan Kapasitas RAM

Cara mengatasi kendala laptop lemot berikutnya yaitu dengan menambahkan kapasitas RAM. Biasanya RAM pada laptop masih rendah terutama pada laptop yang berkualitas standar. Kapasitas RAM pada laptop ada yang hanya 4GB. Hal tersebut membuat laptop tidak bisa memiliki banyak aplikasi atau jika digunakan secara berlebih akan menjadikan laptop lemot.

Jika akan menambah kapasitas RAM tentu harus memperhatikan beberapa hal dan jangan asal menambah RAM dengan jumlah besar. Hal yang harus diperhatikan salah satunya spesifikasi RAM atau kapasitas maksimal RAM pada laptop. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerusakan pada laptop. Dengan demikian laptop tidak akan lemot dan tetap aman digunakan.

4. Lakukan Pembersihan Drive C

Cara mengatasi laptop lemot dengan mudah selanjutnya dengan pembersihan drive C. Hal ini wajib dilakukan khususnya bagi laptop yang sudah lama digunakan atau berusia di atas 3 tahun.

Biasanya laptop yang berusia tua kinerjanya sudah mulai menurun dan membuat laptop lemot. Oleh karena itu pembersihan drive C dilakukan untuk mengatasi laptop lemot dan memperbaiki kinerja laptop yang kurang baik.

5. Reset Ulang Windows

Jika laptop sudah digunakan lebih dari 3 tahun maka perlu melakukan reset ulang windows agar laptop tidak lemot. Biasanya laptop yang sudah berusia tua akan terpengaruh sistem operasinya terutama pada bagian windows. Jika windows pada laptop sudah mengalami error maka ini mempengaruhi kinerjanya dan menjadikannya tidak optimal.

Jika laptop sudah mengalami windows yang eror maka disarankan untuk menginstal ulang laptop. selain itu, bisa juga mengganti windows ke OS yang berbasis linux atau yang lebih enteng. Dengan melakukan hal tersebut maka laptop lemot akan teratasi.

Demikian cara mengatasi laptop lemot dengan mudah. Jika mengalami kendala laptop lemot maka bisa mengatasinya melalui berbagai cara yang telah dijelaskan tersebut. Disarankan agar menyesuaikan caranya dengan kendala yang dialami. Jika laptop sudah lemot parah dan tidak bisa diatasi oleh cara di atas sebaiknya dicek langsung ke tukang service.

Pos terkait