7 Cara Menghemat Uang Belanja Paling Ampuh

  • Whatsapp
cara menghemat uang belanja

Meskipun berbelanja adalah kegiatan yang selalu dilakukan oleh semua orang, namun tidak semua orang paham bagaimana cara berbelanja yang benar. Pemahaman ini menjadi sangat penting sebagai cara menghemat uang belanja yang telah dianggarkan. Apa sajakah hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengemat uang belanja? Ini ulasannya :

1. Menyusun List Belanja

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyusun daftar barang belanjaan yang akan dibeli. Sebelum mendatangi pusat perbelanjaan, daftar ini menjadi hal wajib yang harus disiapkan. mengapa demikian? Daftar belanja menjadi sangat ampuh untuk menghindarkan dari membeli barang-barang yang bukan prioritas.

Sehingga dengan menyusun list belanjaan, barang yang dibeli menjadi terkontrol dan sesuai dengan perencanaan. Selain menghemat uang belanja list belanja juga akan menghindarkan dari kelupaan dalam membeli suatu barang.

2. Mengutamakan Kebutuhan Bukan Keinginan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa, pemborosan dalam berbelanja diakibatkan oleh faktor keinginan membeli barang yang sebenarnya tidak perlu. Ini sering terjadi para perempuan dan tidak jarang pria pun mengalami hal demikian.

Cara ampuh untuk menghindari hal tersebut adalah dengan pemahaman yang benar bahwa berbelanja adalah dengan membeli kebutuhan, bukan keinginan. Dengan tidak membeli barang yang sebenarnya tidak butuh uang belanja menjadi tersalurkan ke pengeluaran yang memang dibutuhkan.

3. Hemat Penggunaan Tissue Dan Air Mineral

Menghindari penggunaan tissue dan pembelian air mineral botol adalah langkah efektif dalam menghemat uang belanja. Cara menghemat uang belanja ini menjadi cara yang banyak disepelekan oleh kebanyakan orang.

Kebanyakan dari kita tidak sadar bahwa penggunaan tissue dan pembelian air mineral menjadi sumber pemborosan utama. Tissue bisa diganti dengan kain lap, dan membeli air mineral bisa dialihkan dengan membawa air mineral sendiri dari rumah.

4. Memasak Sendiri

Uang belanja akan sangat tersita untuk membeli makan siang yang dilakukan di tempat kerja. Begitu pun untuk membeli makan untuk anak-anak sekolah. Namun sebenarnya, pemborosan dalam membeli makanan ini bisa dihindari dengan membawa bekal dari masakan sendiri. Keefektifan membawakan bekal, selain hemat juga akan menjaga dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

5. Memilih Barang Diskon

Barang diskon akan menjadi penyelamat dan cara menghemat uang belanja yang sangat efisien. Tetapi tetap harus diperhatikan juga bahwa barang diskon yang dibeli adalah barang yang benar dibutuhkan. Dan bukan membeli barang diskon karena keinginan dan tergiur dengan penawaran.

Menstok barang kebutuhan sehari-hari yang sedang diskon akan membantu menghemat pengeluaran rutin yang harus dibelanjakan. Barang-barang yang tahan lama adalah pilihan yang sangat tepat untuk distok di rumah.

6. Melakukan Perbandingan Harga Sebelum Berbelanja

Tidak gegabah dalam membeli barang dengan membandingkan harga antara pusat perbelanjaan juga menjadi hal yang bisa menyelamatkan uang belanja. Antara satu pusat perbelanjaan dengan pusat perbelanjaan yang lain memiliki penerapan standar harga yang berbeda.

Sebagai konsumen yang bijak akan sangat menguntungkan jika melakukan perbandingan harga terlebih dahulu. Sehingga menghemat uang belanja akan semakin maksimal.

7. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Kesalahan dalam berbelanja yang menyebabkan pemborosan tidak terhindarkan adalah dengan selalu membara kartu kredit dan tidak membawa uang cash dalam jumlah cukup. Kemudahan berbelanja dengan menggunakan kartu kredit menyebabkan pemborosan menjadi tidak terhindarkan.

Selain harus membayar pokok yang dibelanjakan, penggunaan kartu kredit juga mengharuskan pembayaran bunga. Pemborosan menjadi berlipat-lipat, sehingga cara menghemat uang belanja selanjutnya adalah dengan tidak selalu membawa kartu kredit saat berbelanja.

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam berbelanja, secara tidak sadar membengkakkan pengeluaran rutin sehingga menyebabkan pemborosan. Bijak dalam penggunaan uang belanja tidak hanya akan menghemat pengeluaran bulanan. Namun juga akan memperbanyak uang yang bisa sisihkan sebagai tabungan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan