Cara Menghilangkan Virus Iklan Di Android Yang Paling Mudah

  • Whatsapp
cara menghilangkan virus iklan di android

Android merupakan perangkat ponsel yang rawan terkena masalah. Salah satunya adalah muncul virus iklan yang tidak diinginkan pengguna. Fenomena ini tidak bisa dihindari selain dengan cara menghilangkan virus iklan di android. Pasalnya, platform android digunakan jutaan masyarakat. Tentu, hal ini menarik minat penyedia iklan untuk meletakkan content di sana.

Sekalipun virus iklan tidak membahayakan software dan hardware, kehadirannya tetap mengganggu interface. Karena tampilan lebih ramai dan tidak enak dilihat.  Selain itu, pada kasus tertentu, virus ini memberatkan proses loading.

Pada artikel berikut ini, ada beberapa cara menghapus virus iklan di android yang bagus. Rilis tutorial yang membuat ponsel lebih bersih. Tips yang dimaksud ialah cara menghapus virus iklan sekalipun smartphone tidak di Root. Selain itu, aplikasi yang digunakan juga berfungsi menghapus virus non iklan.

1. Uninstall Aplikasi Asing

Menghapus virus iklan dengan cara uninstall semua aplikasi asing adalah tips termudah. Karena pasti, salah satu software yang dibuang tersebut merupakan iklan yang mengganggu.

Teknik uninstall aplikasi asing bisa dilihat dari tiga urutan. Ini dia penjelasannya, yaitu:

  • Hentikan semua aplikasi yang digunakan
  • Menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dari aplikasi manajer
  • Uninstall semua aplikasi asing

Jika cara ini dilakukan, virus asing akan terdeteksi dan mudah di atasi. Sehingga, interface android kembali bersih dan elegan.

2. Menghapus Junk File (File Sampah)

Cara menghilangkan virus iklan di android yang kedua adalah membuang junk file atau file sampah. Tips ini bisa digunakan jika uninstall virus asing tidak berhasil. Ada banyak manfaat menghapus junk file bagi android. Salah satunya adalah membuat kapasitas memori lebih luas dan proses loading sistem lebih cepat.

3. Menggunakan MalwareBytes Anti-Malware

Pernah mendengar istilah MalwareBytes Anti-Malware? Ini bukan nama virus. Tetapi justru nama software yang berfungsi menghapus virus. Banyak sekali jenis malware yang bisa di-delete dengan perangkat lunak ini. Virus iklan (adware) juga sasaran empuk yang bisa dihapus dengan cepat.

Keistimewaan aplikasi ini adalah tidak hanya untuk android tetapi juga bisa digunakan pada PC dan laptop. Yang berbeda hanya nomor tipe-nya saja. Berikut beberapa cara menghapus virus iklan di android menggunakan software MalwareBytes Anti-Malware, yaitu:

  • Buka Aplikasi MalwareBytes Anti-Malware di Playstore
  • Install software pada android
  • Jalankan App MalwareBytes Anti-Malware
  • Tunggu proses scanning
  • Klik hapus

4. Hapus Virus Iklan di Android dengan Safe Mode

Jika cara di atas masih gagal, silakan lanjutkan ke teknik terakhir yaitu menghapus virus iklan di android menggunakan fitur Save Mode. Tips ini sangat bermanfaat, apabila adware sudah masuk terlalu dalam menjadi virus sistem. Sedangkan cara menghapusnya, bisa dilihat di list berikut, yaitu:

  • Masuk Safe Mode dengan menekan power dan volume bersamaan
  • Sorot aplikasi di safe mode
  • Uninstall aplikasi tersebut
  • Restart smartphone.

Jika teknik dilakukan dengan tepat, biasanya virus iklan hilang dari android. Sehingga smartphone bisa digunakan tanpa gangguan.

Kesehatan dan keawetan android ditentukan sang pengguna. Jika perangkat digunakan secara normal dan berhati-hati, tentu smartphone tidak mudah rusak dan error.  Memilih aplikasi untuk di-download juga syarat ponsel  tahan lama. Maka dari itu, jangan pasang app yang sekiranya bisa membawa virus. Termasuk juga virus iklan.

Itulah beberapa cara menghilangkan virus iklan di android yang bagus untuk dicoba. Dengan tips di atas, smartphone lebih aman dari malware hingga kerusakan sistem dan pencurian data penting (hacker). Silakan dicoba semoga ada manfaatnya.

Pos terkait