Makanan Penambah Stamina Olahraga Yang Wajib Dicoba

  • Whatsapp
makanan penambah stamina olahraga

Makanan penambah stamina olahraga yang wajib anda coba, untuk menjaga kebugaran tubuh, bisa dilakukan dengan melakukan olahraga. Namun jangan pernah lupa untuk selalu menjaga stamina tetap prima saat berolahraga.

Untuk menjaga stamina saat olahraga bisa dari mengkonsumsi makanan tertentu. Berikut apa saja  makanan penambah stamina olahraga yang bisa diketahui :

Bacaan Lainnya

1. Jagung

Mengkonsumsi jagung saat akan melakukan olahraga terbukti mampu menambah suplay energi untuk tubuh. Meskipun pada kenyataannya, jagung lebih sedikit mengandung kalori namun makanan ini sangat tinggi akan serat.

Tingginya kadar serat pada jagung tentu saja bukan tidak bermanfaat. Saat olahraga tubuh akan lebih lama merasakan kenyang. Hal inilah reaksi yang ditimbulkan jagung karena kaya akan serat.

2. Kismis

Kismis bisa dikategorikan sebagai makanan penambah stamina olahraga selanjutnya. Jika ingin tubuh lebih kuat lama untuk berolahraga, disarankan untuk makan kismis selama atau sebelum latihan. Fakta ini juga telah didukung oleh sebuah survey yang dilakukan di University of California.

Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa pelari yang mengkonsumsi kismis di pertengahan latihan mampu berlari satu menit lebih cepat.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang dikenal sangat ampuh untuk kesuksesan program diet. Namun belum banyak yang tahu, makanan ini juga sangat berperan sebagai penambah stamina ketika olahraga. Faktanya, ketika seseorang mengkonsumsi 3 ons sayuran hijau sebelum olah raga selama 8 hari akan berdampak baik untuk ototnya.

Terutama meminimalisir resiko terjadinya cidera otot. Sayuran hijau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung vitamin E serta beta karoten.

4. Oatmeal

Selain jagung, oatmeal juga terbukti mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama saat melakukan olahraga. Hal ini akan membuat stamina tetap terjaga walaupun melakukan olahraga dalam jangka waktu lama. Oatmeal termasuk jenis makanan yang diolah dengan tidak banyak proses sehingga dapat dicerna tubuh secara perlahan.

Oatmeal juga punya manfaat lain. Salah satunya dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, terutama saat olahraga.

5. Apel

Untuk mendapatkan stamina yang selalu prima selama olah raga juga bisa dengan cara mengkonsumsi buah apel. Ada sebuah zat kandungan dari buah apel bernama quercetin yang sangat berperan dalam hal ini. Quercetin inilah yang dianggap mampu meningkatkan stamina serta metabolisme seseorang ketika berolah raga.

Bahkan ada studi yang mengungkapkan jika quercetin ini mampu membuat atlet sepeda bisa menempuh jarak 13% lebih jauh. Bukan berarti setiap mau olahraga harus makan apel dalam jumlah banyak. Cukup sering mengkonsumsinya setiap hari sebenarnya sudah bisa untuk meningkatkan stamina.

6. Kacang-kacangan

Stamina tubuh yang prima saat berolahraga juga mampu didapatkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang bisa dimakan tentu saja yang minim mengandung lemak seperti kacang polong, kacang buncis, kedelai, atau kacang panjang. Jenis kacang-kacangan seperti ini mengandung banyak mineral serta zat besi.

Nantinya mineral dan zat besi ini akan mendukung tubuh lebih banyak menghasilkan sel darah merah. Seperti yang banyak diketahui jika sel darah merah ini berperan aktif dalam membantu mengalirkan oksigen ke otot. Selanjutnya stamina bisa tetap terjaga walaupun berolahraga dalam jangka waktu lama sekalipun.

7. Pisang

Pisang juga terbukti mampu menambah stamina seseorang ketika berolahraga. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat serta vitamin B6 di dalamnya yang dapat menambah asupan energi pada tubuh. Ada lagi kandungan potassium di dalamnya yang cukup tinggi, berguna untuk mencegah resiko kram otot.

Selain itu buah ini juga mengeluarkan suatu zat bernama dopamine. Dopamin ini nyatanya dapat meningkatkan konsentrasi serta membantu untuk lebih fokus terutama saat olahraga.

Itulah jenis makanan penambah stamina olahraga yang bisa diketahui. Jika ada keluhan ketika olahraga mudah lelah, maka disarankan untuk mengkonsumsi salah satu makanan tersebut. Jadi jangan lagi sampai malas untuk berolahraga mulai sekarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan