7 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani Yang Bisa Diketahui

  • Whatsapp
manfaat latihan kebugaran jasmani

Beberapa orang yang merasa mudah lelah, ngantuk, dan kurang semangat mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya latihan kebugaran jasmani. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur dan rutin tentu akan berdampak baik bagi tubuh. Selain menghindarkan dari rasa mudah lelah dan suntuk, berikut manfaat latihan kebugaran jasmani yang bisa diperoleh :

1. Mencegah Resiko Obesitas                       

Latihan kebugaran jasmani atau olahraga dapat menghindarkan seseorang dari resiko obesitas. Hal ini olah raga akan membantu pembuangan lemak yang menimbun di bawah kulit. Sehingga tubuh akan jauh dari penumpukan lemak, dan bonusnya bisa langsing dan semakin indah.

Bacaan Lainnya

2. Menghindarkan Diri Dari Penyakit Jantung Koroner

Penderita penyakit jantung koroner diketahui makin meningkat hingga saat ini. Penyakit ini sebenarnya diakibatkan oleh pembuluh darah yang terjepit oleh penumpukan lemak sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Latihan kebugaran jasmani bisa menjadi cara ampuh untuk menghindarkan diri dari penyakit ini.

Sebabnya adalah ketika olah raga, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya akan menjadi lancar. Kondisi inilah yang mendukung seseorang akan terhindar dari beragam resiko penyakit yang berkaitan dengan peredaran darah. Misalnya jantung koroner, stroke, maupun gagal jantung.

3. Mengurangi Tingkat Stress Serta Menjaga Kualitas Tidur

Faktor rutinitas pekerjaan setiap hari yang kerap membebani pikiran tak jarang membuat stress dan sering emosi tanpa sebab. Dengan latihan kebugaran jasmani, ada semacam zat kimia yang mampu merangsang otak agar bisa lebih tenang, santai, dan bahagia. Itulah mengapa untuk menghindarkan diri dari stress pekerjaan, seseorang disarankan memperbanyak olahraga.

4. Memperbaiki Hubungan Sosial Dan Seksual

Manfaat latihan kebugaran jasmani yang ini khusus bagi pasangan yang sudah menikah. Latihan kebugaran ternyata juga mampu membawa manfaat baik untuk pasangan suami istri, yaitu lebih terhubung secara sosial. Selain itu bagi kaum pria, latihan ini juga mampu mengurangi kekhawatiran tentang disfungsi ereksi.

Kaum pria bisa melakukan aktivitas kebugaran dengan cara ikut tim futsal dan lainnya. Bagi wanita ikut kelas dansa dengan pasangan juga terbukti dapat menaikkan gairah seksual. Selain dapat manfaat segarnya fisik, dengan bersosialisasi akan membuat tubuh lebih santai dan tenang.

5. Mengurangi resiko penyakit diabetes

Manfaat latihan kebugaran jasmani juga mampu mencegah seseorang terserang penyakit diabetes. Saat ini penyakit diabetes yang paling banyak menyerang pasien yaitu diabetes tipe 2. Penyakit diabetes ini sebabnya adalah karena kelainan insulin yang memicu seseorang kegemukan.

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, maka setidaknya akan terhindar dari resiko kegemukan. Jika resiko ini dapat diminimalisir, tentu saja bisa menghindarkan diri dari penyakit diabetes tipe 2.

6. Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Otak sangat diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Agar dapat berfungsi secara maksimal, otak perlu asupan khusus. Semua sirkulasi pada tubuh dapat berjalan lancar dan lebih dapat berjalan dengan baik ketika seseorang rutin melakukan latihan kebugaran jasmani. Termasuk aliran asupan oksigen yang menuju otak.

7. Mengurangi Kemungkinan Resiko Penyakit Alzaimer

Penyakit alzaimer dapat menyerang otak dan menyebabkan penderitanya lupa dengan apa saja yang telah dilakukannya. Alzaimer ini dapat menyerang siapa saja dengan rentang umur berapa pun. Penyebab penyakit ini karena adanya degenerasi sel yang menyebabkan kacaunya sistem memori sehingga dapat membuat penderitanya lupa semua hal.

Penyakit yang cukup berbahaya ini ternyata bisa dicegah dengan melakukan latihan kebugaran jasmani. Hal ini dikarenakan ketika seseorang melakukan latihan kebugaran jasmani, otomatis tubuhnya akan menghasilkan oksigen. Dari oksigen inilah otak dapat lebih terjaga kesehatannya dan terhindar dari degenerasi sel.

Demikian manfaat latihan kebugaran jasmani yang bisa didapatkan seseorang melakukannya. Namun, harus ingat jika melakukan latihan kebugaran jasmani harus rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran untuk untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pos terkait