12 Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
manfaat olahraga renang

Manfaat olahraga renang yang sering kali didengar orang adalah menyegarkan dan dapat menjadikan hiburan yang seru. Padahal, renang sebagai salah satu jenis olahraga memiliki bayak sekali manfaat bagi tubuh.

Tak jarang, banyak orang berminat kepada olahraga satu ini karena manfaat-manfaat besar yang diberikannya. Berikut ini disajikan manfaat olahraga renang beserta penjelasannya yang penting untuk diketahui.

Bacaan Lainnya

1. Membantu Kerja Otak

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa salah satu manfaat olahraga renang adalah membantu kerja otak.  Renang mampu membantu perkembangan sel otak baru. Lebih jauh lagi, dengan rajin berenang fungsi memori dan kognitif otak akan meningkat. Hal ini tidak lain karena saat bereng aliran darah ke otak lebih tinggi dan baik. 

2. Membantu Menambah Tinggi Badan

Berenang mampu memicu hormon-hormon pertumbuhan untuk bekerja lebih baik. Gerakan pada olahraga renang mampu menambah panjang atau tinggi, terutama pada tulang belakang dan kaki. Hal ini dikarenakan hampir setiap otot di tubuh bekerja lebih aktif saat berenang.

3. Membantu Turunkan Berat Badan

Renang merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dan juga lemak berlebih. Di menit-menit pertama renang akan membakar karbohidrat, kemudian kalori dan lemak. Untuk mendapatkan manfaat olahraga renang yang satu ini, perlu untuk memperhatikan gaya renang, intensitas, serta pemanasan dan pendinginan.

4. Membentuk dan Memperkuat Otot

Otot yang terbentuk serta kuat merupakan salah satu manfaat olahraga renang. Saat berenang, otot bekerja dengan aktif, sehingga otot terbentuk dan lebih kuat. Salah satunya adalah meningkatkan massa otot trisep. Tak heran, jika renang menjadi pilihan banyak orang untuk membentuk tubuh lebih atletis dan berotot.

5. Mengontrol Kolestrol

Sebagai salah satu olahraga yang menstimulasi kerja jantung, renang mampu mengontrol kadar kolesterol tubuh. Renang mampu merangsang suatu enzim tertentu yang memindahkan LDL dari darah ke hati. Sehingga, diproses dan dapat dibuang bersama racun tubuh. Tak hanya itu, rutin berenang juga mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL.  

6. Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat olahraga renang yang jarang diketahui adalah membantu mengontrol tingkat gula darah. Hal ini dapat mengurangi resiko diabetes bagi banyak orang. Di samping itu, juga baik dilakukan oleh pengidap diabetes karena menambah sensivitas insulin.

7. Mengurasi Stress Dan Depresi

Manfaat renang yang banyak diketahui sangatlah menyenangkan adalah mengurangi stress dan depresi. Kesibukan dari rutinitas sehari-hari sering kali menimbulkan stress dan depresi. Untuk mengatasi itu, berenang secara santai dan bermain air akan menyenangkan sekaligus menyehatkan.  

8. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Renang sebagai salah satu olahraga yang juga diajarkan di sekolah ternyata memang bermanfaat meningkatkan kelenturan tubuh. Hal ini dikarenakan gerakan renang yang mengaktifkan banyak anggota tubuh. Sehingga, tubuh tidak kaku dan sangat lentur jika rajin berenang.

9. Menjadikan Kualitas Tidur Lebih Baik

Insomnia dan tidur tidak nyenyak sering dialami oleh banyak orang. Sehingga, banyak orang dengan fisik tidak sehat tidak lain karena kurang tidur. Manfaat olahraga renang dapat mengatasi hal tersebut. Hal ini dikarenakan renang bermanfaat untuk fisik bergerak aktif dan dapat rileks saat beristirahat.

10. Menyehatkan Jantung

Gerakan dari berenang yang menjadikan otot-otot aktif, ternyata juga menyehatkan jantung. Jantung akan berdetak sesuai intensitas sehatnya dan mampu kerja jantung memompa darah. Tak heran, jika rajin berenang juga dapat mengurangi resiko kematian akibat sakit jantung.

11. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Salah satu manfaat olahraga renang yang sangat luar biasa yaitu menjaga kesehatan paru-paru. Dengan rajin berenang tubuh akan meningkatkan kinerja paru-paru dan pengiriman oksigen ke organ lain. 

12. Meredakan Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis sering kali dialami banyak orang baik saat berolahraga maupun beraktivitas. Salah satu untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berenang. Hal ini dikarenakan gerakan berenang yang meneggerakkan sendi secara teratur dan berbeda dari rutinitas sehari-hari.

Dua belas manfaat olahraga renang tersebut bisa didapatkan dengan melakukan renang yang baik dan benar serta rutin. Jika renang dilakukan dengan salah, bukan manfaatnya yang didapatkan, tetapi cedera ataupun dampak negatif lain.

Pos terkait