8 Manfaat Olahraga Sepeda Bagi Kesehatan Pria Dan Wanita

  • Whatsapp
manfaat olahraga sepeda

8 Manfaat Olahraga Sepeda Bagi Kesehatan Pria Dan Wanita. Bersepeda merupakan olahraga yang bisa dilakukan secara santai, namun tetap memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Dengan berolahraga sepeda selama 1 jam dengan kecepatan normal, seseorang dapat membakar kalori hingga 750 yang bahkan bisa lebih. Selain dapat membakar kalori tubuh, manfaat olahraga sepeda sangatlah beragam. Apa saja? Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung menduduki peringkat tinggi dari penyakit yang mematikan di Indonesia, bahkan dunia. Dengan berolahraga sepeda secara teratur, maka dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Bersepeda dapat membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik dan dapat memperkuat kinerja otot jantung.

2. Menghindari Risiko Kanker

Menjaga pola makan dan rutin berolahraga akan membuat tubuh kebal terhadap serangan penyakit. Begitu juga apabila melakukan olahraga sepeda secara teratur dapat terhindar dari risiko kanker usus. Tidak hanya kanker usus saja, bagi perempuan yang rutin bersepeda juga akan terhindar dari serangan kanker payudara.

3. Terhindar Dari Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang mematikan setelah penyakit jantung dan paru-paru. Seseorang yang tidak dapat menjaga pola makan, jarang berolahraga dan mengalami obesitas akan rentan terserang diabetes. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berolahraga sepeda secara rutin.

Berdasarkan studi yang pernah dilakukan, apabila seseorang rutin bersepeda selama 30 menit setiap, maka akan terhindar dari serangan diabetes tipe apapun. Semakin jauh jarak dan waktu yang ditempuh, maka seseorang akan terhindar dari diabetes.

4. Mengurangi Stress

Dalam bekerja tentunya ada tekanan dari berbagai sisi dan kondisi ini tentunya membuat seseorang menjadi stress. Stress yang berlarut-larut tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama mental seseorang. Disini peran hormon dopamin memiliki peran yang penting untuk mengendalikan stress.

Hormon tersebut bisa didapatkan dari manfaat olahraga sepeda secara teratur. Seseorang yang bersepeda teratur akan memproduksi hormon dopamin dan membantu dalam mengurangi stress. Disisi lain, seseorang juga akan menjadi lebih bahagia setelah bersepeda.

5. Meningkatkan Kekuatan Otot

Bersepeda tidak hanya dapat meningkatkan kekuatan oto kaki saja, melainkan hampir seluruh tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan otot bagian tubuh lain saling berkesinambungan. Maka dari itu, berolahraga secara rutin nantinya akan membentuk otot tubuh lain dan tentunya keseimbangan tubuh menjadi lebih seimbang.

6. Menjaga Sendi

Sendi tubuh apabila tidak digerakkan secara rutin nantinya akan kaku dan lebih rentan terserang penyakit sendi di usia muda. Berolahraga lari, naik turun tangga dan sebagainya dapat mengatasi hal tersebut. Begitu juga dengan bersepeda yang akan menjaga kondisi sendi pada bagian lutut, siku, pergelangan tangan dan kaki.

7. Mengatasi Insomnia

Manfaat olahraga sepeda selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah insomnia. Caranya adalah dengan bersepeda dalam waktu 30 menit setiap  2 hari sekali. Beberapa orang yang telah mencobanya mengatakan bahwa dapat mengatasi masalah tersebut dan kualitas tidur menjadi lebih baik. Akan lebih baik jika bersepeda di pagi hari sebelum matahari terlalu terik.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain dapat menurunkan berat badan, membakar kalori, mengatasi stress, bersepeda juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan seseorang yang rutin bersepeda minimal 3-4 kali dalam seminggu akan terhindari dari penyakit flu. Beberapa dari mereka juga terhindar dari penyakit musiman yang seringkali menyerang banyak orang.

Melihat manfaat olahraga sepeda di atas, tidak mengherankan jika bersepeda menjadi olahraga yang diminati banyak orang tanpa memandang gender maupun usia. Disisi lain, bersepeda juga tidak mengeluarkan biaya yang mahal dan hanya membutuhkan waktu yang sebentar saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan