Berikut 7 Manfaat Olahraga Yoga Yang Harus Diketahui

  • Whatsapp
manfaat olahraga yoga

Yoga merupakan gabungan dari seni olah tubuh dengan gerakan meditasi. Melakukan Yoga dianggap banyak memberikan manfaat baik untuk tubuh. Baik jasmani maupun rohani seseorang. Berikut manfaat olahraga Yoga sehingga cukup recommended untuk dilakukan.

1. Baik Untuk Media Relaksasi

Konsep dari yoga adalah menggerakkan anggota tubuh secara perlahan-lahan. Justru dari gerakan perlahan inilah, badan seseorang akan menjadi rileks serta lebih santai. Selain itu, kadang yoga juga turut diiringi dengan lagu-lagu dengan tempo lambat maupun backsound suara-suara alam. Jenis suara sebagai iringan tersebut bisa membuat hati jadi tenang dan santai.

2. Mengurangi Serta Mencegah Stress

Selain mendapatkan perasaan rileks dan tenang, pelaku yoga juga akan mendapat manfaat lain. Salah satunya yaitu bisa menghilangkan semua beban pikiran yang sangat mengganggu. Seseorang yang melakukan yoga, secara otomatis beban pikiran yang dimilikinya akan dibawa ke bawah alam relaksasi.

Dengan begitu, seluruh pikiran negatif bisa keluar dengan sendirinya, termasuk rasa stress. Cobalah untuk melakukan gerakan yoga selama beberapa menit saat merasa sedang stress. Rasakan perbedaannya setelah selesai melakukan yoga.

3. Melancarkan Pernapasan

Yoga merupakan hasil gabungan seni gerakan tubuh dengan meditasi. Namun, diantara keduanya juga terdapat sesi latihan pernapasan. Latihan pernafasan ini lah yang membuat tubuh menjadi lebih rileks setelah melakukan yoga. Seseorang yang rutin melakukan yoga, maka akan berpengaruh baik pada sistem pernapasannya.

Bahkan banyak pakar kesehatan yang menyarankan yoga untuk sering dilakukan oleh penderita asma. Yoga akan pelan-pelan mengurangi dampak sesak napas yang ditimbulkan bagi penderita asma.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Yoga juga sama dengan jenis olahraga lainnya yaitu dapat bermanfaat untuk memelihara imunitas tubuh. Gerakan saat melakukan yoga, sama dengan ketika berolahraga lain. Sehingga gerakan yoga juga dapat dikatakan baik untuk meningkatkan daya imun tubuh. Ketika daya imunitas tubuh terjaga, tentu saja seseorang tidak mudah terserang penyakit.

5. Mengatasi Nyeri Punggung

Latihan yoga juga dapat membuat otot-otot pada tubuh menjadi lebih lentur. Gerakan utama dari latihan yoga berpusat pada otot tangan, perut, kaki, serta punggung. Jika sedang mengalami keluhan sakit punggung, ada salah satu gerakan yoga yang bisa mengatasinya yaitu gerakan bridge.

Bahkan banyak pendapat para ahli mengatakan sakit punggung yang sudah kronis pun bisa diatasi dengan yoga. Inilah yang membuat manfaat olahraga yoga untuk mengatasi nyeri punggung merupakan fakta.

6. Meringankan Hangover

Beberapa mungkin sering mengalami hangover saat pagi yaitu rasa pusing efek mabuk di malam hari. Keluhan tersebut ternyata dapat juga diatasi dengan yoga. Cobalah dengan melakukan gerakan yoga yaitu plow atau shoulder stand jika merasa hangover tidak kunjung hilang.

Hal tersebut dikarenakan gerakan keduanya dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu gerakan tersebut juga dapat menjaga keseimbangan tubuh dan menghilangkan efek pusing.

7. Melancarkan Peredaran Darah Serta Meningkatkan Gairah Seksual

Latihan yoga juga baik untuk sistem peredaran darah. Gerakan-gerakan yang dilakukan dapat menbenarkan fakta tersebut. Jika sistem peredaran darah lancar, tentu saja tubuh akan terhindar dari penyakit yang berbahaya. Misalnya saja penyakit jantung, maupun tersumbatnya pembuluh darah yang tentunya bisa berefek buruk pada tubuh.

Selain itu, ketika sistem peredaran darah lancar akan berpengaruh juga terhadap meningkatnya gairah seksual. Hal ini memang bisa saja terjadi. Saat aliran darah mengalir lancar, maka secara otomatis hormon-hormon pada tubuh dapat berfungsi secara normal. Termasuk hormon seksual sehingga dapat berefek pada meningkatnya gairah seksual.

Itulah, ada 7 manfaat olahraga yoga yang bisa diketahui. Cukup banyak manfaat baik yang bisa didapatkan oleh tubuh jika seseorang rutin melakukan yoga. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan olahraga ini di kala senggang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan