Manfaat Senam Kegel Untuk Melatih Otot Vagina Agar Kencang

  • Whatsapp
manfaat senam kegel

Manfaat Senam Kegel Untuk Melatih Otot Vagina Agar Kencang. Senam kegel adalah salah satu jenis olahraga yang saat ini banyak digandrungi, khususnya para ibu yang selesai bersalin. Karena, senam kegel ini dipercaya dapat melatih otot panggul pasca melahirkan. Namun, senam kegel bukan hanya baik untuk wanita pasca melahirkan. Senam ini dianjurkan karena, senam kegel ini sangat banyak dan sangat baik untuk dilakukan.

Dengan berjalannya waktu, telah banyak membuktikan senam kegel ini. Bahwa, dapat mengatasi berbagai masalah-masalah seputar area organ intim dan sekitarnya. Dokter diseluruh dunia, sudah sering merekomendasikan bahwa kegel sebagai perawatan rumah yang menyangkut organ intim seseorang ataupun organ reproduksi. Berikut ini beberapa manfaat dari senam kegel :

Bacaan Lainnya

1. Mengencangkan Vagina Yang telah Mengendur

Manfaat senam kegel yang pertama adalah mengencang vagina yang telah mengendur. Seperti yang sudah dikatakan, bahwa senam kegel memiliki manfaat banyak. Salah satunya untuk kesehatan organ intim. Keadaan ini biasanya terjadi pada saat wanita memasuki usia menopause. Keadaan menopause adalah keadaan dimana wanita telah tua.

2. Mempercepat Pemutihan Vagina Setelah Episiotomi

Manfaat yang kedua dari senam kegel adalah mempercepat pemutihan vagina setelah episiotomi. Episiotomi adalah keadaan pada saat menggunting vagina setelah melahirkan. Karena, senam kegel dapat di percaya untuk meningkatkan sirkulasi darah ke arah area vagina agar selalu lancar tanpa adanya hambatan.

Didalam darah ada darah yang mengandung oksigen, dan juga berbagai nutrisi yang sangat di perlukan. Nutrisi itu berfungsi untuk meregenerasi berbagai sel, dan juga meregenerasi jaringan vagina yang mengalami kerusakan akibat terjadinya keadaan episiotomi.

3. Membantu Mengatasi  Gejala-Gejala Prolaps Panggul

Manfaat yang ketiga dari senam kegel adalah membantu mengatasi gejala-gejala prolaps panggul. Prolaps panggul adalah keadaan sebuah kondisi, saat otot-otot dan ligamen di daerah organ-organ dalam keadaan  area panggul yang menopangnya melemah.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh para ahli dari norwegia dalam sebuah penelitian pada tahun 2012. Didalamnya  sebuah penelitian memuat sebuah jurnal of urology. dan dapat dipastikan bahwa memang senam kagel dapat menyembuhkan gejala prolaps.

4. Membantu Mengatasi Wasir

Manfaat yang ketiga dari senam kegel adalah dapat membantu mengatasi penyakit wasir. Penyakit wasir atau sering disebut ambeien, keadaan ini terjadi terutama pada saat setelah melahirkan secara normal yaitu lewat vagina.

Mengapa senam ini bisa mengobati wasir. Alasannya sederhana yaitu, senam kegel dapat melancarkan peredaran darah yang menuju dubur dan vagina.

5. Merapatkan Vagina

Manfaat senam kegel yang terakhir adalah dapat merapatkan vagina.  Senam ini juga dapat dilakukan sambil berdiri, berbaring, duduk ataupun berjalan kaki. Tetapi jika baru pertama kali dalam senam kegel, sebaiknya lakukan sambil berbaring dengan menekuk lutut. Keadaan ini biasanya terjadi pada saat setelah selesai proses persalinan secara normal.

Cara melakukan senam kegel ini adalah :

  • Kencangkan otot-otot panggul bawah, yaitu selama kira-kira 3 detik saja.
  • Saat sedang melakukan pengencangan otot, jangan pernah mencoba mengencangkan otot perut atau menahan nafas, pantat dan paha.
  • Lemaskan otot panggul bawah kembali selama kurang lebih 3 detik.
  • Ulangi latihan otot ini secara rutin hingga kurang lebih 10 kali
  • Dan jika ingin hasil yang maksimal, lakukan latihan ini secara terus menerus sebanyak 3 kali sehari.

Perlu diketahui bahwa senam kegel tidak dilakukan oleh wanita saja, senam kegel juga memiliki banyak manfaat bagi pria. Tetapi, dalam cara melakukan senam kegel antara pria dan wanita sangat berbeda. Bagi wanita yang ingin melakukan senam kegel, tentukan terlebih dahulu letak dari otot dasar panggul. Dan bila otot berkontraksi maka disebut otot dasar panggul.

Pos terkait