7 Olahraga Perut Pasca Melahirkan Yang Paling Mudah Dan Aman

  • Whatsapp
olahraga perut pasca melahirkan

Mengembalikan posisi perut ke kondisi awal (rata) adalah impian semua perempuan pasca melahirkan. Bahkan, mencari produk pelangsing adalah pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan dengan cepat. Sayang, produk diet luar negeri, bahkan olahraga perut pasca melahirkan di graha fitness yang mahal sekalipun tidak menjamin usaha ibu-ibu akan berhasil.

Tentu ada cara ekstrem yang bisa mengembalikan perut melar karena melahirkan menjadi langsing. Yaitu dengan diet makanan. Namun, cara ini sangat riskan. Karena efeknya, sang bayi juga mengalami gangguan diantaranya adalah masalah stunting.

Nah, untuk ibu-ibu yang baru melahirkan dan ingin perutnya kembali langsing, solusinya yaitu berolahgara secara teratur. Namun, bukan olahraga sembarangan, melainkan olahraga perut yang terjamin aman. Ini dia listnya, yaitu:

1. Melakukan Peregangan

Peregangan atau dalam istilah penjaskes dikenal dengan sebutan pemanasan. Aktivitas fisik ini bisa dilakukan saat menjelang tidur atau ketika bangun tidur. Dijamin, dengan olahraga ini, perut kembali langsing, pikiran relaks, tubuh yang kaku pasca bermain dengan si kecil juga hilang.

Jenis peregangan yang aman adalah gerakan yang memicu tarikan di arah perut. Seperti dua tangan ke atas serta kedua kaki dijinjit yang dilakukan dengan hitungan 2 x 8.

2. Push Up Dengan Satu Kaki

Olahraga perut yang kedua adalah push up dengan satu kaki. Caranya adalah posisikan tubuh seperti push up biasa, lalu satu kaki di angkat sejajar dengan punggung. Dalam kondisi seperti itu, turunkan badan lalu angkat kembali. Ulangi gerakan tersebut minimal 5 kali.

Fungsi gerakan ini adalah mengembalikan massa otot perut seperti semula. Sehingga, tampilannya lebih langsing sekalipun habis melahirkan.

3. Sit Up

Selain push up dengan satu kaki, olahraga yang bagus untuk mengecilkan perut pasca melahirkan adalah gerakan sit up. Namun, bagi yang belum terbiasa, jangan dulu melakukan dengan jumlah banyak. Pasalnya, sit up untuk pemula bisa menimbulkan kram perut. Maka dari itu, selalu waspada ketika melakukannya.

4. Latihan Kegel

Latihan kegel merupakan gerakan olahraga yang bagus untuk perempuan. Selain meningkatkan kekuatan organ vagina, senam ini juga bisa melangsingkan perut pasca melahirkan. Karena jika dilakukan secara rutin, lemak perut terbuang hingga beberapa persen.  Ini dia cara melakukannya, yaitu:

  • Kencangkan panggul bawah 3 detik dengan menahan napas
  • Kencangkan otot perut, paha, dan pantat juga dengan menahan napas
  • Lemaskan otot panggul bawah
  • Ulangi latihan hingga 10 kali.

5. Berjalan Santai

Olahraga untuk melangsingkan perut yang murah bahkan gratis adalah berjalan santai. Walaupun begitu, khasiatnya sangat luar biasa. Perut yang melar pasca melahirkan, kembali ideal dan menarik.

Selain itu, olahraga ini membuat pikiran lebih rileks. Maka dari itu, ajak buah hati melakukannya minimal 15 menit saja setiap pagi atau sore hari.

6. Gerakan Yoga

Olahraga perut pasca melahirkan selanjutnya adalah melakukan gerakan yoga. Senam khas Jepang ini memiliki manfaat penting untuk perempuan. Selain menguatkan otot kaki dan sendi, yoga juga bagus untuk relaksasi diri.

Semua gerakan yoga bagus untuk ibu yang bermasalah dengan perut melar akibat melahirkan. Terutama gerakan yang terkait dengan peningkatan massa otot di bagian perut ke bawah.

7. Banyak Bergerak

Ibu yang habis melahirkan, pasti sedikit mengalami penurunan stamina. Sehingga, mereka enggan dan malas untuk beraktivitas. Bahkan bergerak saja, enggan dan terkesan lesu. Hal ini yang terkadang membuat perut melar tidak kembali ke asal.

Maka dari itu, paksakan diri untuk terus bergerak sekalipun sedang menyusui. Terutama di pagi hari dan sore hari yang suhunya lebih bersahabat.

Nah, tentunya kini para ibu yang baru saja melahirkan sudah tahu olahraga perut pasca melahirkan yang aman. Maka dari itu, lakukanlah secara rutin dan nyaman. Serta selalu pahami kondisi tubuh sebelum melakukannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan