Melejitkan Bisnis Dengan 7 Strategi Bisnis Di Era Digital

  • Whatsapp
strategi bisnis di era digital

Persaingan bisnis menjadi semakin kuat di era digital yang membuat banyak pengusaha menjadi pontang panting. Namun, sebenarnya ada banyak keuntungan yang diperoleh dengan hadirnya era digital. Seperti pengenalan produk yang lebih mudah dilakukan serta banyak penghematan dalam bidang promosi. Hal tersebut sangat bergantung pada strategi bisnis di era digital yang digunakan.

Strategi yang benar akan semakin mudah dalam membesarkan bisnis. Sehingga keuntungan menjadi semakin meningkat pesat. Berikut ini adalah strategi bisnis di era digital yang jitu :

1. Melakukan Terobosan Mobile Bisnis

Era digital memberikan penekanan bahwa bisnis tidak harus memiliki bangunan secara fisik. Hadirnya aplikasi perbelanjaan menjadi hal yang sangat menggambarkan bagaimana bisnis di jaman digital harus bisa mobile. Tanpa harus bertatap muka namun bisa memberikan kepercayaan kepada konsumen. Di jaman digital berbisnis tanpa menggunakan strategi mobile bisnis menjadi sangat ketinggalan dan kuno.

2. Menggunakan Internet Untuk Menjaring Konsumen

Langkah strategi bisnis di era digital yang berikutnya adalah dengan menggunakan internet untuk menjaring konsumen. Memanfaatkan website, blog, market place dan media sosial adalah langkah wajib yang harus ditempuh.

Karena era digital menjadikan internet sebagai gaya hidup, dan dari internet lah penjaringan konsumen menjadi sangat efektif untuk dilakukan. Pemanfaatan internet bisa mendatangkan banyak konsumen secara efektif.

3. Audio-Visual Sebagai Media Iklan

Pengoptimalan iklan di era digital harus pandai menggunakan media audio visual. Iklan-iklan seperti berupa gambar, foto dan video menjadi hal yang wajib dimiliki dalam strategi bisnis di era digital. Sebaliknya meskipun masih efektif namun bentuk iklan seperti pamflet dan selebaran menjadi minim untuk menjangkau calon konsumen.

Dengan kreativitas dalam iklan berupa audio visual gambaran produk bisa jelas dimengerti oleh konsumen. Pengambilan foto dan video oleh profesional untuk media iklan akan membuat barang yang ditawarkan terlihat semakin meyakinkan di mata calon konsumen.

4. Mengutamakan Innovasi

Pembaharuan adalah hal utama yang tidak boleh dikesampingkan. Hadirnya era digital membuat pertumbuhan segala bidang menjadi sangat pesat. Termasuk pada trend dan juga model. Bisnis yang minim inovasi akan menjadi bisnis yang gampang disingkirkan oleh pesaingnya. Namun dengan inovasi yang terus dilakukan maka bisnis akan semakin bertumbuh dan mendapatkan tanggapan positif oleh konsumen.

5. Influencer Menjadi Penting Untuk Promosi

Mengenalkan produk yang akan di tawarkan kepada calon konsumen di era digital ini menjadi susah-susah gampang. Strategi bisnis di era digital dalam pengiklanan adalah dengan menggunakan orang-orang yang dianggap berpengaruh di dunia maya. Mereka sering disebut dengan influencer, yang memiliki banyak pengikut dan dijadikan sorotan serta gaya mereka menjadi acuan mode.

Membayar para influencer media sosial untuk mengiklankan produk yang ditawarkan akan menjadi jalan paling mulus menjaring konsumen dalam bisnis di jaman sekarang. Terlebih media sosial seperti intragram, tweeter, facebook dan line serta sangat efektif pula melalui youtube yang selalu ramai pengguna.

6. Berikan Pelayanan Yang Semakin Memudahkan Pembeli

Bisnis yang akan berkembang adalah bisnis yang mengutamakan pelayanan terbaik untuk kepuasan konsumennya. Hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan layanan pesan antar, bungkus yang menarik serta banyak hal lainnya untuk kepuasan konsumen. Respon yang cepat serta jam kerja yang jelas pun tidak boleh dilupakan.

7. Memberikan Citra Baik Untuk Kredibilitas Produk

Menunjukkan citra baik pada publik bisa dilakukan dengan menampilkan sebanyak mungkin testimoni dari konsumen. Semakin banyak testimoni positif dari konsumen maka akan semakin meningkatkan kepercayaan pada bisnis yang sedang di bangun.

Strategi bisnis di era digital yang berhasil adalah dengan membangun citra baik. Dengan demikian maka secara otomatis akan meningkatkan minat belanja konsumen pada produk-produk yang ditawarkan.

Dengan menggunakan strategi bisnis di atas maka persaingan dalam usaha bukanlah hal yang perlu ditakutkan. Era digital menuntut para pengusaha menjadi sekreatif mungkin dalam pengenalan dan pengembangan bisnis mereka. Namun di era ini peluang menjadi sangat besar terbuka untuk mereka yang bersungguh-sungguh.

Pos terkait