8 Teknologi Artificial Intelligence Tercanggih

  • Whatsapp
teknologi artificial intelligence

Teknologi artificial intelligence adalah sebuah model kecerdasan buatan yang mampu menjadikan perangkat keras komputer sepintar manusia. Baik dari segi pola pikir maupun cara berperilaku.

Arti lebih luasnya, teknologi AI merupakan sistem digital super canggih yang mampu menjadikan komputer sebagai perangkat keras terbaik untuk mempermudah manusia dalam bekerja. Maka dari itu, dengan adanya software semacam ini, diharapkan pekerjaan manusia beserta interaksinya yang rumit bisa diselesaikan dengan mudah.

Di bawah ini, beberapa contoh teknologi artificial intelligence yang sebagian besar sudah muncul di tahun ini. Silakan disimak list lengkapnya, yaitu:

1. Natural Language Generation

Dengan adanya teknologi Al semacam ini, dimungkinkan komputer bisa mencerna bahasa alami manusia. Sehingga nantinya, terjadi komunikasi dua arah antara perangkat dengan user-nya.

Tidak dipungkiri, pembuatan teknologi semacam ini sangat rumit dan mahal. Namun, para ahli tetap berusaha menghadirkannya di masa depan. Diharapkan, teknologi ini bisa membantu menyelesaikan masalah moneter, meringkas laporan keuangan hingga kalkulasi kebutuhan pasar.

2. Machine Learning Platforms

Teknologi kecerdasan buatan selanjutnya adalah machine learning platforms (MLP). Sebuah mesin mandiri yang bisa melakukan pekerjaan tanpa campur tangan manusia. Bahkan, saat ini produksi mesin mulai digodok besar-besaran. Software pendukung teknologi juga dipersiapkan. Dari aplikasi mesin hingga platform pembelajaran mesin semua tersedia.

Kabarnya Teknologi ini juga menyematkan sistem pemrograman terkini API dengan keistimewaan wadah database yang cukup besar.

3. Decision Management

Decision Management adalah sistem pemrograman komputer yang berupa transfer logika dan aturan ke dalam hardware dengan menggunakan teknologi AI. Fungsinya ialah melakukan maintenance, setting otomatis, metode training untuk sebuah aplikasi kerja dan lain lain.

Teknologi Al ini akan digunakan di perusahaan-perusahaan bonafide. Diperbantukan sebagai aplikasi modern untuk mempermudah manajerial secara digital. Salah satu fungsinya adalah mampu mengambil kebijakan secara auto electric.

4. AI-Optimized Hardware

Saat ini, perusahaan besar bersaing untuk mendapatkan teknologi ini. Kabarnya, AI Optimized Hardware adalah model kecerdasan buatan yang akan memperkuat aplikasi dalam menyambut fitur-fitur terbaru di masa depan. Unit pengolahan grafis atau GPU merupakan salah satu teknologi AI kategori ini.  

5. Deep Learning Platforms

Deep Learning merupakan teknologi AI yang berkembang dengan pesat. Bahkan, aplikasi ini mulai digunakan pada pembelajaran mesin mutakhir. Teknologi ini memiliki satu set algoritma yang terbuat dari jaringan saraf tiruan. Walaupun begitu, aplikasi tetap mudah dioperasikan dengan berbagai level.

Aplikasi pembelajaran yang menggunakan teknologi AI ini adalah NLP, pengenalan gambar optik, digitasi struktur program dan selainnya.

6. Robotic Process Automation

Robotic Process Automation merupakan kecerdasan buatan yang berupa otomatisasi kinerja sebuah robot agar mirip dengan kinerja manusia di dalam menyelesaikan tugas-tugas perusahaan.

Solusi ini muncul dilatarbelakangi oleh mahalnya penggunaan tenaga manusia serta efektifitas dalam bekerja yang masih kurang. Maka dari itu, teknologi robotik adalah solusi sempurna.

Yang perlu dipahami adalah, teknologi AI ini tidak dibuat untuk menghilangkan fungsi kerja manusia. Tetapi semata untuk melengkapi potensi mereka agar lebih berkualitas.

7. Text Analytics and NLP

Teknologi Artificial Intelligence selanjutnya adalah text analytics yang dipadu dengan NLP. Aplikasi ini merupakan kelanjutan dari natural language generation yang memungkinkan manusia bisa berinteraksi dua arah dengan komputer.

App yang bekerja dengan teknologi ini memiliki sistem operasi analisis teks secara digital dari kalimat yang muncul pada proses interaksi. Bahkan, niat dan makna komunikasi pun bisa dicerna dengan baik.

8. Biometrics

Biometrick adalah kecerdasan buatan yang digunakan untuk menganalisis struktur tubuh yang berkaitan dengan bentuk serta perilaku manusia. Dengan adanya teknologi ini, proses interaksi manusia dengan mesin tidak hanya seputar cerna kalimat tetapi juga sentuhan dan body language lainnya.

Itulah beberapa teknologi artificial intelligence tercanggih yang mulai berkembang. Bahkan, saat ini beberapa perusahaan sudah banyak yang menggunakannya.

Pos terkait