Teknologi Militer Indonesia Terbaru Dan Canggih Di Tahun 2019

  • Whatsapp
teknologi militer indonesia terbaru

Keamanan suatu Negara merupakan hal paling penting untuk menjaga kedamaian Negara. Oleh sebab itu, penting untuk menyusun strategi pertahanan dan kelengkapan alutsista TNI. Kelengkapan alutsista di indonesia juga telah didukung dengan beberapa teknologi militer indonesia terbaru.

Oleh sebab itu, kali ini akan sedikit membahas teknologi militer Indonesia terbaru dan tentunya canggih juga. Hal ini penting untuk mengetahui kekuatan pertahanan negara Indonesia. Jadi, simak yuk pembahasannya di bawah ini.

1. Senapan Serbu 2

Teknologi ini merupakan senapan serbu yang telah menjadi generasi kedua dari senapan serbu 1 (SS1) buatan dari PT Pindad. Dan tentunya, senapan serbu 2 (SS2) ini memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dan lebih ringan. Senapan yang ditakuti oleh Negara Amerika Serikat dan Australia menggunakan peluru caliber dengan ukuran 5.56 x 45 mm.

Senapan serbu ini memiliki beberapa versi terbaiknya. Contohnya SS2-V7 SUBSSONIC, SS2-V5 Kal. 5.56 mm, SS2-V4 HB Kal. 5.56 mm, dan SS2-V2 Kal. 5.56 mm. selain itu, SS2 ini memiliki keunggualan pada tahan terhadap kelembaban tinggi.

2. Panser Anoa

Teknologi militer Indonesia terbaru kali ini juga buatan dari PT Pindad. Teknologi ini pun banyak diminati Negara lain. Seperti brunei yang telah memborong 45 unit. Tentu tidak perlu diragukan lagi kualitas dari panser anoa ini. Karena selalu menjadi andalan pasukan perdamaian Indonesia di Lebanon. Sehingga telah teruji di daerah Lebanon.

3. Tank Harimau

Tank harimau adalah jenis kendaraan tempur buatan pindad. Ini adalah jenis tank buatan PT Pindad dan menjadi hasil kolaborasi dengan turki. Jadi, teknologi ini merupakan salah satu alutsista yang tercipta dari kerjasama dua Negara untuk memperkuat pertahanan militer Indonesia.

Selain itu, tank harimau ini lebih cocok di kawasan Indonesia daripada tank milik Indonesia sebelumnya. Karena memiliki kelas medium sehingga mampu menggantikan tank tua dan memperkuat alutsista Indonesia. Selain itu, proteksi cangih yang dimiliki tank harimau ini menjadi nilai unggul dari tank tersebut. Sehingga menjadi incaran dari Negara lain juga.

4. Senapan Serbu Bawah Air (SSBA)

Senapan yang merupakan hasil kolaborasi antara PT Pindad dengan Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI Angkatan Darat ini juga memiliki kecanggihan yang tidak perlu diragukan lagi. Senapan ini memiliki kemampuan tembakan di jarak 30 meter dan kedalaman 5 meter. Selain itu, menggunakan peluru 5,56 x 150 mm dengan berat 4,5 kg. peluru ini berbentuk runcing seperti jarum.

Kecanggihan dari senapan yang didesain khusus untuk di bawah air. Sehingga kemampuan dan efektivitas tembakan akan menurun hingga jarak 10 meter dan kedalaman 40 meter. Bahkan dengan kecanggihan yang dimiliki senapan serbu bawah air ini bisa dikatakan hampir setara dengan APS buatan Rusia.

5. SSX

Teknologi militer Indonesia terbaru ini juga menjadi jajaran senapan buatan PT Pindad. Bahkan bisa dibilang mampu menyaingi senapan buatan Rusia, AK-47. Karena SSX ini memiliki keunggulan dalam jarak tembak efektif yang mencapai 800 meter.

SSX ini merupakan senapan yang menggunakan peluru caliber 7,62 x 51 mm. metode yang digunakan dalam merancang SSX  adalah method reverse engineering. Keunggulan dari senapan ini daripada AK-47 juga dari popornya yang bisa dilipat. Sehingga tidak kaget lagi jika sudah banyak Negara lain yang memesan senapan ini.

Oleh sebab itu, teknologi militer Indonesia terbaru ini lebih memperkuat Alutsista militer Indonesia. Karena kecanggihan yang dimilikinya pun mampu menyaingi teknologi militer Negara lain. Bahkan sudah banyak yang memesan ke Indonesia juga. Sehingga menjadi apresiasi juga Indonesia telah mandiri menciptakan teknologi militernya.

Pos terkait