Tempat wisata Bandung Ciwidey Jawa Barat

  • Whatsapp
Tempat wisata Bandung Ciwidey

Tempat wisata Bandung Ciwidey yang menyimpan banyak sekali Pesona Wisata yang tersembunyi. Siapa yang tidak kenal kopi khas Ciwidey? Biji kopi dari dataran tinggi di Bandung ini memiliki citarasa strawberry yang sangat khas.

Ciwidey merupakan salah satu kabupaten di Bandung yang berada di kawasan pegunungan, sehingga tidak heran udara di sana sangat segar dan tanah yang subur untuk berbagai jenis tanaman. Terlebih lagi area tempat wisata ini juga berada di kaki Gunung Patuha, yang merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif.

Bacaan Lainnya

Anugerah gunung vulkanis yang subur membuat kabupaten ini dipenuhi tempat-tempat wisata alam yang berlimpah. Tidak heran di hari-hari libur banyak sekali wisatawan berbondong-bondong ke berbagai objek wisata yang ada di Ciwidey dan membuat tempat ini cukup padat. Bila anda sudah bisa dengan tempat wisata bandung dago, melarikan diri ke Ciwidey tentunya memberikan suasana dan nuansa baru. Kawah putih dan Situ Patenggang merupakan objek wisata terkenal di sini. Berikut ini tempat wisata Bandung Ciwidey yang paling direkomendasikan :

1. Kawah Putih

Kawah putih selalu menjadi tempat wisata bandung yang lagi hits. Destinasi wisata ini adalah sebuah lokasi yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Dinamakan kawah putih karena tanah di lokasi tersebut yang berwarna putih, yang disebabkan oleh beberapa unsur yang bercampur dengan belerang. Uniknya air yang berada di dalam kawahnya dapat berubah sesuai dengan kadar belerang hingga cuaca yang terjadi di tempat tersebut. Berada di kawasan pegunungan setinggi kurang lebih 2400 mdpl, membuat kawasan wisata di Bandung ini menjadi bersuhu sangat dingin hingga bisa mencapai 8 derajat celcius. Indahnya pemandangan di Kawah Putih membuat tempat ini menjadi lokasi yang pas untuk hunting foto atau sekadar rekreasi bersama keluarga menikmati pemandangan alam.

2. Kebun Teh Rancabali

Ingin menikmati udara yang sejuk dan segar? Anda bisa mengunjungi kebun teh Rancabali yang letaknya sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung. Keindahannya semakin bertambah karena dikelilingi perbukitan hijau. Dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara, kawasan ini memiliki dua komoditi utama yakni teh dan kina. Selain menawarkan pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk, lokasi kebun teh ini terbilang cukup strategis karena dekat dengan objek wisata lainnya seperti pemandian air panas dan juga Kawah Putih. Untuk Anda yang bosan dan suntuk dengan kondisi kota yang padat dan sarat akan polusi, berwisata mengunjungi Kebun Teh Rancabali yang terletak di Ciwidey ini akan menjadi sebuah bentuk penyegaran untuk menghilangkan kepenatan akan rutinitas sehari-hari. Selain itu kebun teh ini menjadi tempat wisata bandung untuk keluarga yang menyenangkan.

3. Kawah Rengganis

Selain Kawah Putih, kawasan wisata yang hampir sama yang ada di Bandung adalah Kawah Rengganis. Destinasi wisata yang terletak di tengah-tengah pegunungan teh ini terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi sejak jutaan tahun yang lalu dan bukanlah tempat wisata bandung baru. Tak hanya menawarkan udara sejuk dan pemandangan alam yang luar biasa indah, Anda bisa berendam di pemandian air panas alami yang mengandung belerang, yang konon bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak hanya pemandian air panas, pengunjung juga bisa melakukan spa lumpur yang juga memiliki manfaat sama seperti berendam di air pemandian air panasnya. Cukup terjangkau, Anda bisa memasuki kawasan ini dengan membayar tiket terusan yang bisa dibeli dengan mengunjungi kawasan Glamping Lakeside Rancabali.

4. Glamping Lakeside

Masih satu kawasan dengan Kawah Rengganis, Glamping Lakeside adalah sebuah resort dimana Anda dapat menikmati pemandangan alam Gunung Patuha yang luar biasa indah. Destinasi wisata ini menjadi salah satu kawasan yang hits untuk dikunjungi pelancong, bahkan yang datang dari luar kota. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah ditemani sajian khas Bandung yang bisa dinikmati bersama orang terkasih di sebuah tempat makan unik yang bernama Pinisi Resto Rancabali Bandung. Berbentuk seperti kapal, pengunjung bisa menikmati suasana syahdu nan romantis karena penataan tempatnya yang menawan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan camping di tempat wisata bandung murah meriah ini.

5. Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah sebuah destinasi wisata di Ciwidey yang berbentuk sebuah danau yang juga menawarkan suasana alam yang indah dan udara yang bersih serta sejuk. Bila Anda berkunjung ke Bandung, objek wisata yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan karena lokasinya juga berdekatan dengan Kawah putih, dan berada dalam satu kawasan yang sama dengan Kawah Rengganis dan juga Glamping Lakeside Rancabali. Lokasi ini konon berkaitan dengan legenda sepasang kekasih yakni dua orang titisan dewa bernama Raden Santang dan Dewi Rengganis yang akhirnya dipertemukan di tempat tersebut setelah lama dipisahkan. Bila tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling menikmati pemandangan danau atau mengunjungi Pinisi Resto Rancabali yang berada di salah satu sisi ujung danau ini. Situ Patenggang juga cocok dijadikan destinasi tempat wisata bandung malam hari sebab bisa digunakan untuk berkemah.

6. Curug Cipanji

Untuk Anda yang suka dengan destinasi wisata yang tidak mainstream dan belum banyak diketahui orang, Anda bisa mengunjungi Curug Cipanji. Air terjun yang ada di lokasi wisata ini sangat jernih dan menjadi tempat wisata bandung yang bagus untuk berjalan-jalan.

Dengan ketinggian kurang lebih 25 meter, Anda bisa menikmati suara air terjun atau berseluncur di dinding air terjunnya yang bertingkat dengan ketinggian 5 meter sembari main air. Curug Cipanji ini adalah salah satu dari tujuh air terjun yang ada di Gunung Cipanji dan masih tersembunyi sehingga dianggap sebagai hidden paradise. Curug ini juga bisa menjadi alternatif selain tempat wisata bandung maribaya.

7. Pemandian Air Panas Ciwalini

Bosan dengan tempat wisata bandung dago, Anda bisa mencoba pemandian Ciwalini. Pemandian Air Panas Ciwalini berjarak 35 km dari kota Bandung dan berada di dalam kawasan perkebunan teh Walini. Berada di kaki Gunung Patuha, air panas pada pemandian ini bersumber pada mata air gunung tersebut. Bila Anda datang berkunjung bersama keluarga, lokasi ini menyediakan pemandian air panas untuk dewasa dan juga anak-anak. Ingin suasana privat? Jangan khawatir, karena Pemandian Air Panas Ciwalini juga menyediakan tempat tertutup dan bisa digunakan dengan nyaman. Meskin panasnya berasal dari belerang, pemandian ini terbilang cukup unik karena sama sekali tidak mengeluarkan aroma belerang yang menyengat. Tak berhenti sampai di situ saja, Anda juga bisa melakukan permainan flying fox dan menaiki mobil ATV sambil berkeliling menikmati keindahan kebun teh.

8. Kampung Cai Ranca Upas

Terletak di lokasi dengan ketinggian 1700 mdpl, lokasi wisata ini juga menawarkan keindangan alam dan udara yang sejuk untuk dinikmati bersama keluarga. Di sini Anda juga melakukan kemping di bumi perkemahan dengan luas kurang lebih 251 hektar, yang terletak di sebuah area hutan lindung dan kawasan konservasi. Tak tanggung-tanggung, lokasi ini bisa menampung hingga 10.000 pengunjung yang ingin camping. Bila Anda tertarik untuk camping di sini, pastikan Anda membawa perlengkapan yang cukup karena udara yang sangat dingin. Selain camping, Anda juga bisa melakukan berbagai permainan seru di lokasi outbond yang juga ditawarkan oleh destinasi wisata yang satu ini. Kampung ini bisa menjadi alternatif wisata selain tempat wisata bandung cikole Grafika yang instagramable.

9. Taman Kelinci Ciwidey

Untuk Anda pecinta hewan yang lucu dan menggemaskan, dan ingin mengajak anak anda selain tempat wisata bandung dago maka Taman Kelinci Ciwidey bisa jadi pilihan. Tempat wisata ini akan semakin menarik untuk dikunjungi sebab termasuk dalam tempat wisata bandung untuk anak. Lokasinya juga masih berdekatan dengan destinasi wisata hits lainnya seperti Kawah Putih sehingga tak ada alasan untuk tidak mengunjungi tempat ini bila berkunjung ke Bandung Selatan. Kelinci yang notabene adalah binatang jinak, pengunjung dengan beragam usia bisa bermain dengan aman dengan kelinci yang ada di tempat ini. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 50 jenis kelinci lokal yang lucu nan menggemaskan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan