6 Tips Belanja Hemat Bulanan Bagi Ibu Rumah Tangga

  • Whatsapp
tips belanja hemat bulanan

Mengatur keuangan belanja adalah tugas siapa lagi kalau buka tugas ibu rumah tangga. Agar keuangan menjadi lancar, perlu metode-metode yang kreatif untuk menjalankan keuangan. Maka untuk para suami, pilihlah wanita yang pintar untuk dijadikan istri yang dapat mengatur keuangan dengan baik dan memiliki tips belanja hemat bulanan.

Bagi ibu rumah tangga yang boros dalam membelanjakan uang belanja. Dan terkadang uang belanja untuk belanja sebulan habis sebelum waktunya. Yang perlu dilakukan adalah menghemat uang belanja dalam sebulan, dan juga menyeimbangkan antara pendapatan dengan pengeluaran. Dibawah ini ada 6 tips belanja hemat bulanan bagi ibu rumah tangga.

1. Gunakan Sistem 31 Amplop Untuk Berhemat

Metode klasik ini terlihat biasa saja, namun metode ini juga cukup efektif untuk dicoba di rumah. Sebagai ibu rumah tangga yang sudah pasti dibekali dengan tanggung jawab untuk mengatur keuangan belanja. Yang diperlukan untuk melakukan metode ini adalah, siapkan 31 amplop kosong.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah mengisi amplop kosong dengan uang sesuai kebutuhan perhari. Lalu tulis angka satu sampai tiga puluh satu pada setiap amplop. jika uang tersebut masih tersisa, itu berarti uang tersebut adalah uang darurat. Setiap ibu rumah tangga sebisa mungkin harus kreatif dalam mengelola uang belanja perbulan.

2. Jangan Terfokus Pada Merk

Bagi ibu-ibu rumah tangga muda dan mempunyai hoby shopping, pasti akan sering berjalan ke mall maka godaan berbelanja semakin besar. Apalagi jika di mall sedang ada promo gede-gedean, diskon dari berbagai merk, godaan tersebut datang semakin besar.

Tetapi ibu rumah tangga harus pintar, maka carilah produk yang mempunyai fungsi atau kegunaan yang sama. Dan jika ingin membeli suatu barang bandingkan harganya, dan cari barang dengan harga yang lebih murah. Apalagi jika suatu barang tidak mempunyai merk, tetapi memiliki kegunaan yang sama dengan yang sedang diinginkan.

3. Simpan Makanan Dengan Baik

Bagaimana perasaan jika makanan yang telah dibeli dengan uang belanja bulanan tiba-tiba membusuk. Itu akan membuat uang belanja bulanan menjadi lebih berkurang. Maka, simpan lah makanan dengan baik contohnya, lemari beras, lemari es atau tempat yang kedap udara, sehingga jamur tidak akan tumbuh.

Jika metode ini berlangsung secara terus-menerus maka, sudah dapat dipastikan uang belanja akan lebih hemat. Maka, budayakanlah di dalam keluarga.

4. Buat Daftar Menu Makanan

Dengan menggunakan metode ini, sudah dapat dipastikan pola belanja menjadi terkontrol. Dan juga akan terhindar dari makanan yang menjadi mubazir. Metode ini juga akan membuat keluarga tidak merasa bosan dengan makanan yang disediakan. Karena, menu yang selalu berganti setiap harinya. Cobalah lakukan metode ini di rumah.

5. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Setelah mendapatkan gaji, sering tanpa sadar berbelanja secara terus menerus. Karena pada setelah mendapat gaji biasanya kita merasa bahwa kita menjadi orang kaya, padahal itu semua tidak benar. Apalagi, jika memiliki kartu kredit yang bisa bayar belakangan membuat belanja tak terasa. Yang bisa membuat tipisnya kantong sebelum waktunya.

6. Berburu Diskon

Wanita adalah pejuang diskon, jika sudah mendengar kata diskon semuanya akan terasa mudah. Membeli ini membeli itu, karena sedang diskon. Berburu diskon memang menjadi metode yang bagus saat akan berbelanja kebutuhan. Tetapi perlu diingatkan lagi belilah barang yang memang sedang dibutuhkan, agar semuanya bisa dihemat.

Itulah 6 tips belanja hemat bulanan bagi ibu rumah tangga. Perlu diingat bahwa ibu rumah tangga harus pintar dalam mengatur keuangan belanja untuk sebulan. Apalagi semua orang tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi didepan, maka harus siap siaga. Seperti pepatah siap payung sebelum hujan.

Pos terkait