Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Anak Di Jogja

  • Whatsapp
wisata edukasi anak di jogja

Jika sedang berwisata ke Jogja tentunya akan terdapat banyak pilihan objek wisata seperti, wisata budaya, wisata alam, wisata sejarah dan religi, maupun wisata kuliner. Selain itu, juga memilih tempat untuk berwisata yang ramah terhadap anak-anak, seperti wisata edukasi anak di Jogja.

Karena Jogja memiliki banyak tempat wisata yang ramah terhadap anak-anak, dibawah ini terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata edukasi di Jogja yang wajib untuk dikunjungi para wisatawan. Tempat wisata berikut ini tidak jauh dari pusat kota, sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk mencapai lokasi wisata ini.

Bacaan Lainnya

1. Museum Anak Kolong Tangga

Tempat wisata edukasi di Jogja ini sangat cocok bagi anak-anak untuk bermain sambil belajar. Pada museum ini, akan disuguhkan ratusan mainan buatan tangan asli orang Indonesia maupun dari mancanegara. Disini juga terdapat mainan tradisional yang ditampilkan dengan tujuan supaya anak selalu mengingat budaya asli.

Karena pada saat ini banyak anak sering bermain gadget dan alat elektronik lainnya, akan tetapi dengan adanya mainan tradisional ini bisa menjadi alternatif bagi anak. Kemudian untuk lokasi ini terdapat pada persis di belakang Taman Pintar.

2. Taman Pintar

Tempat wisata edukasi anak ini terletak di kawasan Malioboro, mungkin terletak sekitar 200 meter dari titik Nol Kilometer. Taman pintar ini merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan yang telah dikemas dan disajikan dalam bentuk yang menarik. Tempat yang satu ini sangat cocok digunakan untuk bersantai dan juga bisa menambah pengetahuan terhadap anak maupun keluarga.

Tempat wisata ini memiliki sekitar enam wahana yang memiliki konsep sejarah, ilmu pengetahuan modern, antariksa, dan juga tentang bencana. Bisa dikatakan bahwa taman pintar ini adalah sebuah laboratorium besar yang akan menambah wawasan anak dalam bidang sains.

3. Monumen Jogja Kembali

Monumen ini merupakan salah satu tempat untuk berlibur dan disitu berisikan sejarah yang pernah ada di Jogja. Sekilas tentang wisata ini adalah sebagai tanda kenangan kembalinya Pemerintahan RI yang dimana menjadi salah satu bukti sejarah menyerahnya pasukan Belanda di kawasan Jogja. Disini anak-anak bisa belajar lebih dalam tentang pelajaran sejarah.

4. Museum Gunung Merapi

Museum ini terletak di kawasan lereng merapi di bagian selatan, yang merupakan salah satu tempat wisata edukasi anak di Jogja. Disini dapat belajar tentang ilmu pengetahuan kebencanaan gunung api dan gempa bumi. Tempat wisata yang satu ini menjadi harapan agar bisa menjadi salah satu wahana edukasi konservasi yang berkelanjutan.

5. Benteng Vredeburg

Benteng ini merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan dari kolonial Belanda yang ada di Jogja. Tempat wisata Benteng Vredeburg ini memiliki cerita sejarah yang sangat panjang dan juga masih bertahan hingga sampai saat ini.

Kini, benteng ini menjadi museum yang bisa dijadikan sebagai wisata edukasi anak di Jogja yang di dalamnya terdapat beberapa pameran karya seni, termasuk bangunan, patung, dan juga berbagai macam persenjataan peninggalan Belanda.

6. Kids Fun

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat bermain yang memiliki wahana yang sangat menarik. Kids Fun memiliki taman bermain yang asik, seperti jurasic park go kart dan masih ada beberapa permainan lainnya.

Tempat wisata ini juga memiliki kolam renang bagi bagi anak-anak yang suka dengan wahana air. Tempat wisata ini sangat cocok untuk semua kalangan termasuk anak-anak sampai orang dewasa.

Diatas merupakan beberapa rekomendasi tempat wisata edukasi anak di Jogja yang wajib dikunjungi. Karena selain anak mendapatkan kesenangan dalam bermain juga akan mendapatkan ilmu pengetahuan akan hal baru sekalipun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan